Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Apotek Online Solusi untuk Berobat Mandiri dari Rumah

Apotek Online Solusi untuk Berobat Mandiri dari Rumah
Apotek Online Solusi untuk Berobat Mandiri dari Rumah

Apotek Online

Biasanya jika kita berobat secara luring atau offline, kita pasti mendapatkan resep dan menebusnya di bagian farmasi rumah sakit/puskesmas/klinik tempat kita berobat. 

Namun ada kalanya mungkin kita belum bisa menebus obat tersebut secara langsung lantaran biaya obat yang diresepkan oleh provider kesehatan tidak seterjangkau yang dibayangkan.

Bisa juga kasus dengan kendala lain seperti tidak ada waktu untuk menunggu antrian obat mengingat antrian di farmasi faskes tertentu bisa sangat memakan waktu. Sehingga kemungkinan besar kita masih membawa resepnya untuk ditebus di apotek luar fasilitas kesehatan tempat kita berobat.

Seiring berjalannya waktu, saat ini, ada banyak kemudahan untuk bisa periksa rawat jalan agar dapat segera pulih dan beraktivitas.

Yup, dengan hadirnya konsultasi online dan apotek online, hal ini tentu sangat memudahkan bagi orang-orang yang mungkin harus bedrest di rumah tetapi juga harus memeriksakan dirinya dan sesegera mungkin mendapatkan obat-obatan agar dapat segera sembuh dari sakit yang diderita.

Apotek Online Solusi untuk Berobat Mandiri dari Rumah

Ada beberapa apotek online yang bisa menjadi pilihan ketika teman-teman memiliki resep dari dokter namun belum sempat ditebus di apotek. Diantaranya yaitu Apotek Online BPJS, k24klik.com, goapotik.com, dan medicastore.com. Mari kita bahas sekilas dari beberapa pilihan apotek online di atas.

Apotek Online BPJS

Apotek online BPJS dirilis tahun 2018 untuk memudahkan peserta BPJS mendapatkan obat di apotek secara mandiri melalui gawai sehingga meminimalisir kehabisan stok obat. 

Selain dapat diakses dimana pun dan kapan pun, pasien yang mengakses apotek online BPJS juga dapat melaporkan stok obat habis sehingga dapat segera ditindak lanjuti oleh tenaga kesehatan.

Selain itu, manfaat lain dari penggunaan apotek online BPJS adalah dapat meminimalisir kecurangan pasien saat belanja obat, percepatan updating obat di dalam maupun di luar paket BPJS secara akurat, dan pasien dapat mengambil obat di apotek mana saja yang bekerja dengan BPJS Kesehatan.

Untuk bisa mengakses fitur apotek online BPJS, teman-teman harus mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan usernme dan password agar dapat login ke aplikasi https://apotek.bpjs-kesehatan.go.id/apotek/.

Sertakan pula berkas penunjang seperti salinan resep dan surat keterangan dari faskes terkait jika obat yang dibutuhkan sudah habis.

Nantinya petugas BPJS akan memberikan surat salinan eligibilitas untuk menebus resep di berbagai apotek yang bekerja sama dengan BPJS. Setelah itu, unggah resep ke aplikasi dan tunggu sampai proses verifikasi selesai.

Apotek Online Swasta


Jika tadi adalah apotek online yang dikelola oleh pemerintah dalam hal ini adalah BPJS, selanjutnya adalah apotek online swasta seperti k24klik.com, goapotik.com, dan medicastore.com.

Proses order obat di apotek online swasta cenderung lebih memudahkan karena pasien cukup mengunggah salinan resep. Jika pun membutuhkan username dan password bisa mendapatkan kedua hal tersebut secara mandiri saat registrasi.

Selain itu, fitur lainnya juga tersedia konsultasi dokter dan berbagai promo maupun informasi menarik lainnya. Ketiga apotek online ini juga telah memiliki aplikasi yang dapat diakses melalui Playstore. 

PAFI Lima Puluh

Namun untuk mengetahui hal-hal lain seperti perijinan apotek, lisensi apoteker baik di daerah maupun nasional, maupun informasi kefarmasian lainnya, kita juga dapat mencarinya melalui https://pafilimapuluh.org/.

PAFI Lima Puluh merupakan situs Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang berlokasi di kabupaten Lima Puluh Sumatera Utara. Situs ini terintegrasi dengan situs PAFI Pusat sehingga berita seputar apotek, apoteker maupun kefarmasian selalu diperbarui atau update secara berkala.

Nah, itu dia ulasan mengenai Apotek Online Solusi untuk Berobat Mandiri dari Rumah. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Kebijakan Publik SGPP Indonesia. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Apotek Online Solusi untuk Berobat Mandiri dari Rumah"