Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera

KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera
KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera

Kampung Berseri Astra

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan persembahan 61 tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera. Program ini merupakan Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan mengusung konsep pengembangan 4 pilar terintegrasi yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas kehidupannya dengan terwujudnya wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif.

Sebelum menjadi KBA, ada beberapa tahapan yang harus dilewati agar dapat terpilih menjadi KBA yaitu adanya koordinasi dari perusahaan Group Astra, pembentukan tim KBA, koordinasi dengan pemerintah daerah, social mapping, dan penentuan lokasi KBA.

KBA memiliki 5 kategori yang mencerminkan suasana di kampung tersebut antara lain Kampung Wisata, Kampung Hijau, Kampung Produktif, Kampung Cyber, dan Kampung Budaya. Saat ini, telah tersebar 201 KBA di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Jakarta.

KBA Cengkareng Timur

Di Jakarta sendiri ada 20 KBA salah satunya adalah KBA Cengkareng Timur yang berlokasi di Jl.Kayu besar dalam RT.010 RW.011 kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Pendirian KBA Cengkareng Timur diawali dari peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) pada 18 Februari 2016 yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Astra International Tbk.

KBA Cengkareng Timur sendiri masuk dalam kategori Kampung Produktif karena suasana kampungnya asri dan sehat serta secara mandiri mampu menjadi pusat pembelajaran dan memenuhi kebutuhan wilayahnya melalui kegiatan produktif dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya dari 4 pilar produktif KBA yaitu pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi/UMKM.

KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera
KBA Cengkareng Timur. Sumber: Instagram @kbacengkareng

Dengan luas wilayah sebesar 22 hektar yang terdiri dari 11.514 jiwa atau 2.568 KK (data per tahun 2022) dan memiliki 14 RT, sejak tahun 2017, KBA Cengkareng Timur mampu menerapkan 4 pilar di atas secara gotong royong bersama masyarakat dan stakeholder.

Beruntungnya lagi, kelompok ibu di RW 11 Cengkareng Timur sangat berperan aktif untuk menjalankan dan mengembangkan program-program di KBA Cengkareng Timur karena telah terbiasa menjadi kader PKK baik sebagai dasawisma maupun jumantik.

Berikut adalah beragam aksi yang telah dilakukan di KBA Cengkareng Timur pada 4 pilar di atas:

Pilar Lingkungan

Agar lingkungan KBA Cengkareng Timur tampak asri, warga berinisiatif untuk menanam tanaman di dalam pot dengan gerakan 1 rumah 1 pot. Selain itu, gang-gang juga diberikan tanaman dan dicat dengan warna hijau agar tampak asri.

Pada tahun 2021, KBA Cengkareng Timur berhasil meraih juara Proklim (Program Kampung Iklim) 2021 yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat.

Hal ini dikarenakan pilar lingkungan di KBA Cengkareng Timur yang sangat terlihat, mulai dari tersedianya Bank Sampah yang pendiriannya didampingi oleh Bank Sampah Induk Satu Hati Sudin LH Jakarta Barat untuk pengelolaan sampah anorganik dari warga RW 11 dan sekitarnya.

Warga secara mandiri memilah sampah organik maupun anorganik sebelum ditabung ke Bank Sampah. Hasil menabung sampah juga dapat ditukar dengan uang maupun sembako.

Sedangkan pemanfaatan sampah organik seperti sampah daun dan ranting sebagai kompos yang pengelolaannya didampingi oleh PPSU kelurahan Cengkareng Timur yang hasil komposnya dibagikan kepada warga.

Kemudian KBA Cengkareng Timur memiliki dua kebun yang ditanami dengan berbagai jenis sayur mayur seperti labu madu yang diberi nama Pekarangan Pangan Lestari dengan metode aquaponik mengingat lahan yang terbatas.

KBA Cengkareng Timur juga memiliki rumah jamur untuk budidaya jamur tiram dan tanaman apotik herbal seperti aneka rimpang maupun daun herbal.

KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera
Budidaya Jamur Tiram. Sumber: Instagram @kbacengkareng

Selanjutnya KBA Cengkareng Timur juga memiliki tampungan air hujan untuk kebutuhan mencuci dan menyiram. Pembuatan lubang biopori di pekarangan rumah maupun fasilitas umum seperti sekolah, jalan, dan RPTRA.

Di lingkup domestik, pemanfaatan air cucian beras juga diterapkan untuk menyiram tanaman. Warga juga kerap melakukan pengangkatan sedimen/got bersama petugas Sudin Tata Air Jakarta Barat.

KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera
Pemanfaatan Air Cucian Beras Untuk Menyiram Tanaman. Sumber: Instagram @kbacengkareng

Serta pemanfaatan pekarangan rumah dan bahuh jalan dengan beragam tanaman hias dan TOGA agar tercipta suasana yang asri. Selain meraih juara Proklim 2021, KBA Cengkareng Timur juga berhasil memenangkan lomba dalam pemanenan dan pengolahan microgreen wheatgrass.

Seluruh program dan aksi nyata serta penghargaan ini tentunya berkat dukungan PT. Astra International Tbk, Auto2000, Forum Komunikasi Kampung Berseri Astra, Bank Sampah Induk Kota Jakarta Barat “Satu Hati” kelurahan Cengkareng Timur, Yayasan Peduli Lingkungan Semut Merah, Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Barat, Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Jakarta Barat, Suku Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jakarta Barat, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Provinsi DKI Jakarta.

Pilar Pendidikan

Masih berkaitan dengan pilar lingkungan, pada pilar pendidikan KBA Cengkareng Timur, SDN 21 Cengkareng Timur berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata se-Provinsi. 

PT. Astra International Tbk juga memberikan pendampingan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam hal manajemen sekolah dan pengelolaan PAUD juga beberapa alat peraga yang dibutuhkan, fasilitas penghijauan sekolah, penyediaan kantin sehat dan bank sampah hingga rak buku perpustakaan.

Pilar Kesehatan

Saat pandemi, KBA Cengkareng Timur tetap melaksanakan kegiatan rutin di bidang pelayanan kesehatan seperti posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan. Upayanya tidak main-main, seluruh kader berupaya mengikuti pelatihan iPosyandu sehingga di tahun 2021 KBA Cengkareng Timur berhasil meraih Apresiasi Posyandu Nasional Astra pada Festival Kesehatan Astra 2021.

Untuk menunjang pilar kesehatan ini, PT. Astra International Tbk memberikan bantuan berupa alat-alat kesehatan seperti timbangan anak dengan karakter, timbangan digital, masker medis, meja dan kursi untuk pendaftaran dan pemeriksaan selama kegiatan posyandu atau posbindu berlangsung.

Pilar kesehatan lainnya nampak pada rumah-rumah warga dengan sirkulasi dan ventilasi yang baik, penggunaan paving blok di RPTRA, Halaman SDN 21, Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan. Serta pemberantasan sarang nyamuk yang dilakukan oleh Tim Jumantik yang juga mendorong warga untuk melakukan jumantik mandiri dengan berbagai kreativitas dalam melakukan sosialisasi.

Selain itu, saat pandemi Covid-19, KBA Cengkareng Timur juga sangat peduli terhadap para warga yang terkena virus Corona dengan menyediakan tempat isolasi mandiri. Program ini merupakan hahsil kolaborasi antara Polres Metro Jakarta Barat dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 RW 011 sebagai program Kampung Tangguh Jaya.

Pilar Pemberdayaan Ekonomi/UMKM

Pada pilar pemberdayaan ekonomi/UMKM, KBA Cengkareng Timur mengikuti pelatihan pengolahan tanaman lidah buaya untuk diolah menjadi makanan dan minuman nata (lidah buaya) sebagai peluang usaha. Selain itu, Auto2000 juga memberikan modal usaha dan pelatihan kepada warga sekitar untuk berwirausaha.

Pelatihan yang diberikan tidak sekadar proses pembuatan produk tetapi juga skill penunjang usaha seperti, pengemasan yang baik, cara pembukuan yang baik dan strategi marketing untuk peningkatan penjualan. 

Untuk UMKM yang sifatnya kolektif bersama komunitas, KBA Cengkareng Timur juga menjual hasil panen dari Pekarangan Pangan Lestari seperti kangkung, daun bawang, pakcoy, terong ungu, pare, singkong, mentimun, bayam merah, petai cina, labu madu, oyong, jamur tiram dan juga buah-buahan seperti tomat, strawberry, anggur, jagung, jeruk, cabai, dan pisang.

KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera
Pembibitan untuk Pilar Lingkungan dan Pilar Pemberdayaan Ekonomi. Sumber: Instagram @kbacengkareng

Tidak hanya itu, tanaman hias seperti lidah mertua, bunga sepatu, daun pandan, kumis kucing dan keladi serta tanaman herbal pun menjadi ladang usaha bagi warga KBA Cengkareng Timur yang mana pangsa pasarnya telah sampai di tingkat BUMN maupun perusahaan besar. Pastinya ditingkat lokal pun juga tersedia pangsa pasarnya misal ketika ada Pasar Murah Ramadan.

Bibit-bibit tanaman dan buah yang ditanam dan dipanen hasilnya ini berasal dari PT. Astra Indonesia Tbk yang mana setiap pemberian bibit jumlahnya dapat mencapai 100 bibit per tanaman.

Penutup

Tentunya keberhasilan KBA Cengkareng Timur ini tidak serta merta tanpa hambatan dan tantangan. Namun dengan konsisten dan niat baik dari berbagai pihak terutama warga yang bersinergi dengan PT. Astra International Tbk serta pihak lainnya, program Kampung Berseri Astra di Cengkareng Timur dapat terus berjalan dan meraih banyak prestasi agar dapat menjadi inspirasi kampung-kampung di wilayah Indonesia lainnya.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Kebijakan Publik SGPP Indonesia. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "KBA Cengkareng Timur Wujud Kampung Produktif Persembahan 61 Tahun Astra untuk Indonesia Sejahtera"