Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Jurnal Ilmiah dan Pengalaman Pertama Ikut Seminar Artikel Ilmiah

Jurnal Ilmiah dan Pengalaman Pertama Ikut Seminar Artikel Ilmiah
Jurnal Ilmiah dan Pengalaman Pertama Ikut Seminar Artikel Ilmiah

Jurnal Ilmiah

Jika teman-teman adalah bagian dari civitas akademik, tentu kerap mendengar istilah publikasi jurnal ilmiah dan seminar artikel. Jujur, bagi saya pribadi, hal ini adalah hal yang asing meski saat kuliah S1 beberapa kali mendengar tentang kata-kata jurnal ilmiah, publikasi dan seminar artikel ilmiah ini.

Ketika saya memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya yaitu pasca sarjana, kata-kata jurnal ilmiah, publikasi, dan seminar artikel ilmiah hingga prosiding ini semakin sering saya dengar. Bahkan saat itu masih ada kewajiban untuk mahasiswa pasca melakukan publikasi jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan.

Sembari belajar dan mencari tahu, saya terus mengerjakan kewajiban saya sebagai mahasiswa pasca yaitu melakukan penelitian untuk thesis sebagai salah satu syarat kelulusan. Tema yang saya pilih saat itu adalah tentang kebijakan program keluarga berencana dalam sudut pandang kesetaraan Islam atau Mubadalah.

Jurnal Ilmiah dan Pengalaman Pertama Ikut Seminar Artikel Ilmiah

Akhirnya saya sidang di bulan Agustus 2023 dan ketika itu pula saya mendapatkan informasi akan adanya seminar artikel atau international conference dengan tema Mubadalah di UIN Raden Intan Lampung.

Karena saya belum pernah melakukan hal ini sebelumnya dan saat itu juga saya masih mencari-cari tahu tentang publikasi jurnal, akhirnya saya memutuskan untuk submit artikel penelitian saya.

Alhamdulillah artikel penelitian saya lolos untuk ikut serta dalam presentasi international conference ini. Meski ada biaya yang harus saya keluarkan untuk mengikuti international conference ini secara mandiri, tetapi hal tersebut tetap saya lakukan karena bagi saya ini adalah salah satu hal baru dalam dunia akademik yang sangat membuat saya excited.

Apalagi dari forum-forum seperti ini saya juga dapat meningkatkan kemampuan soft maupun hardskill yang dibutuhkan di bidang akademik, penelitian, networking dengan sesama peneliti maupun akademisi, dan sejenisnya.

Sehingga setelah berfikir panjang mengenai budget yang harus saya keluarkan, saya pun memutuskan untuk berangkat ke Lampung menggunakan Damri baik saat perjalanan keberangkatan maupun kepulangan pasca kegiatan.

RIMICIF 2023

Acara berlangsung selama 3 hari sejak 25-28 Oktober 2023 di Hotel Emersia dengan tema Raden Intan Mubadalah International Conference on Islam and Family Post Graduate of UIN Raden Intan Lampung (RIMICIF) “Realizing a Sakinah Family Towards a Just Civilization”.

Artikel saya masuk sesi kelompok pararel satu dengan tema Perkawinan dan Keluarga dalam perspektif Ma’ruf, Mubadalah, dan Keadilan Hakiki Perempuan yang mana tim pembahas saat itu adalah KH. Dr. Faqihudin Abdul Kodir, Lc., MA. selaku founder dari perspektif Mubadalah sendiri yang didampingi oleh Dr. Habib Sulthon Asnawi, S.H.I, M.H sebagai tim jurnal.

Selain agenda international conference, selama 3 hari para peserta diajak untuk gala dinner bersama pemerintah Kota Lampung dan melakukan City Tour. Senang sekali dengan pengalaman pertama yang berkesan ini. Ditambah saya juga bertemu banyak relasi baru maupun beberapa orang yang sudah saya kenal.

Selain itu, saya juga memutuskan untuk bersilaturahmi dengan teman semasa SD yang alhamdulillah saat ini menetap di Kota Lampung. Jadi saya punya kesempatan lebih lama untuk menjelajahi destinasi wisata di Lampung.

Nah, itu dia pengalaman saya mengenal jurnal ilmiah dan ikut international conference atau pun seminar international. Jika ada kesempatan dan niat yang lebih kuat dalam hal ini, rasanya masih ingin sekali ikut kegiatan serupa di kesempatan yang akan datang apalagi jika bisa mendapatkan funding dan acara berlangsung di luar negeri.

MAMNA

Oiya, bagi teman-teman yang juga ingin mengadakan seminar nasional maupun internasional di wilayah Baltimore-Washington, teman-teman bisa mencoba menghubungi MAMNA (Mid-Atlantic Micro/Nano Alliance) yang dapat menghubungkan para stakeholder baik dari industri, akademisi, maupun lembaga pemerintah dalam sebuah forum untuk menyatukan keahlian, kemampuan, dan ide-ide inovatif, sehingga memicu aplikasi dan peluang baru untuk komersialisasi teknologi miniaturisasi.

Info lebih detailnya teman-teman dapat mengunjungi situs midatlanticmana.com. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Kebijakan Publik SGPP Indonesia. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Jurnal Ilmiah dan Pengalaman Pertama Ikut Seminar Artikel Ilmiah"