Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Obat Batuk Herbal yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Obat Batuk Herbal yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil
Obat Batuk Herbal yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Obat Batuk Herbal

Saat sedang hamil, tidak semua obat-obatan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dengan mudah. Karena sebagian zat kimia di dalam obat dapat menyebabkan perkembangan janin yang sedang dikandung. Oleh sebab itu, saat ibu hamil mengalami batuk, penting bagi ibu hamil untuk segera berkonsultasi ke dokter atau bidan terdekat.

Obat Batuk Herbal yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Namun, jika ingin mengonsumsi obat batuk herbal, ada beberapa bahan alamiah yang dapat dijadikan obat batuk herbal yang dapat dikonsumsi ibu hamil. Berikut adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai obat batuk herbal:

Air Garam Hangat

Bahan yang dapat digunakan sebagai obat batuk herbal adalah ½ sdt garam yang dilarutkan ke dalam 250 ml air mineral hangat dan digunakan dengan cara berkumur dengan air garam tersebut.

Cara ini mampu mengencerkan dahak dan juga merilekskan tenggorokan. Selain itu, kandungan garam sendiri mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit tenggorokan yang menyebabkan batuk. Berkumur dengan air garam sebagai ikhtiar pengganti obat batuk herbal dapat digunakan sebanyak 3-4 kali sehari atau setiap 3 jam sekali.

Daun Mint

Kandungan menthol pada daun mint yang memiliki sifat analgesik dapat meredakan gatal dan nyeri tenggorokan saat batuk dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai obat batuk herbal. Cara peggunaannya pun cukup mudah, ibu hamil bisa memasukkan daun mint bersih ke dalam air hangat atau teh hangat.

Jahe

Obat batuk herbal yang ketiga untuk ibu hamil adalah jahe. Seperti yang kita ketahui, selain memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan zat analgesik. Jahe juga memiliki sifat anti-virus sehingga dapat menjadi alternatif obat batuk herbal selama masa kehamilan.

Cara penggunaannya pun mudah, cukup menyeduh jahe yang telah dibersihkan ke dalam air hangat seperti teh atau susu. Jahe juga bisa dibakar jika ingin mendapatkan rasa khas jahe yang lebih kuat sesuai selera.

Kunyit

Selain jahe, obat batuk herbal yang dapat dikonsumsi ibu hamil ada kunyit yang dapat dijadikan alternatif obat batuk herbal lainnya. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti-radang dan anti-bakteri yang dapat melawan kuman maupun bakteri yang mengganggu saluran pernapasan ibu hamil. 

Penggunaannya sama seperti jahe dapat dimasukkan ke dalam teh hangat atau susu. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi kunyit dengan cara menghaluskannya hingga menjadi bubuk.

Madu

Selanjutnya obat batuk herbal yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah madu. Madu dipercaya memiliki kandungan anti-oksidan, anti-inflamasi, dan demulcent atau pereda radang. Selain itu, madu juga mengandung zat analgesik yang mampu meredakan nyeri pada tenggorokan akibat batuk kering maupun berdahak.

Penggunaan madu sebagai obat batuk herbal cukup dengan mengonsumsi madu secara langsung sebanyak 1 sendok makan ataupun sebagai pemanis alami pada teh hangat dan perasan air lemon.

Lemon

Obat batuk herbal terakhir pada artikel ini yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah lemon. Mengandung vitamin C, lemon dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Penggunaannya pun mudah cukup dengan memeras lemon dan ambil air perasannya sebnayak satu sendok teh. Kemudian campurkan dengan 1 sdt madu. Jika tidak ada lemon, menggunakan jeruk nipis pun diperbolehkan.

Saya sendiri pernah membuat obat batuk herbal seperti pada video berikut di bawah ini:

Dan jangan salah, banyak juga lho teman-teman jurusan farmasi yang telah menjadi apoteker yang bisa meracik dan membuat obat batuk herbal.

Apalagi saat ini sudah ada PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang tersebar di berbagai kota salah satunya pafiprovsulut.org yang dapat dijangkau dengan mudah untuk berkonsultasi terkait obat batuk herbal ini karena memiliki situs terintegrasi dengan PAFI Pusat.

Namun jika ternyata setelah mengonsumsi bahan-bahan herbal di atas belum kunjung membaik, maka ibu hamil sebaiknya segera mengunjungi provider terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar ibu dan janin sehat selamat hingga persalinan tiba.

Nah, itu dia ulasan tentang obat batuk herbal yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Kebijakan Publik SGPP Indonesia. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Obat Batuk Herbal yang Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil"